aL Fatih 703

Generasi berprestasi, Cendekiawan masa kini

Laman

Istilah Dalam Perawi Hadits



Banyak hadis yang memakai istilah-istilah seperti : Sab’ah, As-Sittah, bil khamsah, Al-Arba’ah, Ats-Tsalatsah, Al-Muttafaq Alaihi, As-Syaikhani, Ash-Shahihaini, Al-Jama’ah.
maka dari itu, saya ingin berbagi informasi, beberapa istilah yang ada pada hadis :

dikeluarkan atau dirawayatkan oleh As-Sab’ah (tujuh orang), yang dimaksud dengan mereka adalah: Ahmad bin Hanbal, Al-Bukhari, Muslim, Abu Dawud, At-Tarmidzi, An-Nasa’I, dan Ibnu Majah.

Dan yang dimaksud dengan As-Sittah (enam orang), mereka adalah; semua yang disebutkan di atas kecuali Imam Ahmad.

Atau terkadang dengan kalimat bil khamsah (lima orang), mereka adalah; perawi hadist yang di atas kecuali Al-Bukhari dan Muslim.

Dan yang dimaksud dengan Al-Arba’ah (empat orang), mereka adalah; para ahli hadist kecuali Ahmad, Al-Bukhari dan Muslim.

Yang dimaksud dengan Ats-Tsalatsah (tiga orang), yaitu Abu Dawud,   At-Tirmidzi, dan An-Nasa’i.

Dan yang dimaksud dengan Al-Muttafaq Alaihi adalah; hadist yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim, atau terkadang dengan memakai kalimat diriwayatkan oleh As-Syaikhani; itu juga sama yaitu Al-Bukhari dan Muslim, atau juga sering menggunakan kalimat yang diriwayatkan oleh Ash-Shahihaini.

Terkadang juga menggunakan kalimat diriwayatkan oleh Al-Jama’ah; mereka adalah Imam ahli hadist yang tujuh yang telah disebutkan.


Post a Comment - Back to Content

Entri Populer